3 Contoh Usaha Modal Kecil Mudah Serta Menguntungkan 2018

Mungkin beberapa orang sering menganggap usaha kecil hingga menengah, bahkan bisnis kecil juga tidak jarang diidentikkan dengan bidang usaha bagi orang-orang dengan modal yang terbatas serta pengolahan yang apa adanya. Akan tetapi sebenarnya tidak selalu demikian, karena terdapat begitu banyak para pengusaha sukses yang pada awalnya berawal dari usaha kecil menengah. Kuncinya di dalam memilih contoh usaha modal kecil 2018 yang memang benar-benar menguntungkan.

Perlu Anda ketahui bahwa bisnis skala kecil menengah merupakan yang termasuk di dalam bidang usaha kecil dengan kekayaan bersih yang tercatat paling banyak mencapai Rp 200.000.000. Meski demikian, bidang bisnis kecil menengah sekarang ini menjadi tulang punggung yang dipercaya mampu memutar roda perekonomian di Indonesia. Terlebih lagi ditengah terpuruknya nilai tukar rupiah di mata dollar yang menjadikan banyak bisnis dengan mengandalkan produk impor gulung tikar.

1. Bisnis kecil bidang jasa

Terdapat berbagai macam jenis usaha skala kecil dalam bidang jasa. Sepertinya bisnis yang satu ini memang mengharuskan Anda untuk memiliki keahlian dan juga wawasan yang luas tergantung apa bidang jasa yang nantinya akan Anda tawarkan. Sebagai salah satu contohnya adalah bidang usaha yang berhubungan erat dengan birokrasi seperti halnya pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM), surat-surat kendaraan, Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) maupun pengurusan dokumen penting yang lainnya.
Bisnis atau bidang usaha yang satu ini sepertinya sangat cocok bagi Anda dengan wawasan luas pada bidang hukum. Sementara untuk pilihan jenis usaha yang lainnya adalah bisnis yang berhubungan dengan IT, misalnya saja seperti jasa membuat website, jasa desain grafis, jasa SEO, jasa membuat aplikasi dan program komputer serta masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan selama memang benar-benar memiliki keahlian dalam bidang IT secara mumpuni. Meskipun terlihat sepele, namun bidang ini sangat menjanjikan di era modern seperti sekarang ini karena hampir seluruh masyarakat memanfaatkan teknologi modern.

Bidang jasa IT sebagai salah satu contoh usaha modal kecil memang sangat cocok dilakukan ketika Anda benar-benar menguasai bidang tersebut. Dapat juga Anda menjalani bisnis bidang IT ini dengan membuka jasa perbaikan laptop, komputer dan juga perangkat sejenis yang lainnya. Bukan hanya itu, bisnis dalam bidang jasa pengiriman barang seperti halnya menjadi agen juga layak untuk Anda coba. Mengingat saat ini ada banyak perusahaan ekspedisi yang sudah sanggup memfasilitasi para agen yang bernaung dibawahnya dengan baik.

2. Bisnis kecil jual beli

Jual beli sepertinya menjadi salah satu pilihan bisnis yang memang cukup banyak diminati. Karena di saat ini banyak jenis produk yang sangat laku dijual di pasaran seperti halnya produk fashion, kamera, smartphone, kendaraan pribadi baik itu mobil maupun motor, bahkan hingga jual beli hewan kurban dan hewan peliharaan. Di dalam bidang usaha yang satu ini Anda tidak diharuskan untuk membuka sebuah toko khusus dengan lokasi yang strategis karena pada dasarnya dapat juga Anda lakukan di rumah tinggal pribadi, baik itu secara offline maupun memasarkannya dengan cara online sehingga kedepannya bisnis Anda tersebut juga menjadi lebih dikenal secara luas. Contohnya: Bisnis Makanan Tradisional.

3. Bisnis bidang agrobisnis

Agrobisnis selama ini sangat identik dengan bidang peternakan dan pertanian. Usaha rumahan yang satu ini sangatlah cocok dilakukan jika Anda tinggal di kawasan pedesaan maupun Anda sekarang ini sudah memiliki lahan yang cukup luas guna menjalankannya. Jenis usaha yang dapat Anda lakukan antara lain adalah budidaya ikan lele, budidaya hewan peliharaan, peternakan ayam, sapi maupun budidaya aneka sayur dan buah.

Dari ketiga contoh usaha modal kecil 2018 di atas apakah ada yang menarik bagi kamu? Yuk segera action untuk mewujudkannya.
 
About - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top