Kerugian Melakukan Pinjaman Rentenir 2018

Duit Pinjam - Salah satu yang menjadi fenomena dan terkenal pada beberapa waktu lalu adalah tentang keberadaan rentenir yang menjadi langganan para nasabahnya dengan mayoritas dari pelanggannya adalah para masyarakat kecil. Rentenir memang disebut-sebut selalu menjadi sosok yang digambarkan dengan image yang negative di televisi dan beberapa media lainnya. Sosok rentenir selalu digambarkan dengan orang yang memiliki kekayaan segudang dan juga dipenuhi dengan gelimang emas yang menghiasi tangan, leher tubuh dan terkadang juga giginya. Bahkan terdapat pula sebutan yang cukup mengerikan untuk rentenir yaitu lintah darat. Meskipun demikian, tidak sedikit pula para masyarakat yang tetap menggunakan pinjaman rentenir sebagai alternative dalam melakukan pinjaman meskipun dengan tingkat suku bunga yang tergolong mencekik leher.
rentenir-online-2018-2019

Beberapa masyarakat yang meminjam sejumlah dana kepada rentenir dengan tanpa sebab. Mereka lebih memilih menggunakan jasa rentenir karena syarat yang diajukan oleh rentenir cenderung lebih mudah dibandingkan syarat peminjaman uang yang ditetapkan oleh beberapa jasa keuangan lainnya. Selain itu pinjaman dari rentenir juga tidak menjaminkan barang berharga sebagai agunan dari pinjaman yang diberikan, sehingga pengguna dari pinjaman ini memang sebagian masyarakat kecil yang tidak memiliki jaminan apapun dalam melakukan transaksi simpan pinjam.

Sebenarnya Mereka yang menggunakan pinjaman rentenir online dapat dikatakan sebagai seseorang yang terpaksa melakukannya karena kebutuhan yang mendesak dan tidak ada lagi jasa keuangan lain yang memberikan pinjaman kepada Mereka. Sebaiknya pemerintah dapat memperhatikan masalah ini agar tidak ada lagi masyarakat kecil yang menjadi semakin terbebani karena bunga mencekik yang ditawarkan kepada nasabahnya.

Rentenir online pada masa seperti sekarang ini memang masih berkutat pada masyarakat terutama pada beberapa daerah yang memiliki lokasi cukup jauh dari perkotaan. Tidak jarang untuk menutupi kegiatan tersebut, rentenir membuka sebuah badan dengan atas nama koperasi. Bagi Anda yang berfikir akan meminjam uang di rentenir, maka pertimbangkanlah beberapa kerugian jika meminjam sejumlah dana kepada rentenir sebagai berikut ini:

  1. Bunga yang diberikan bersifat fluktuatif,
  2. Jika Anda terlambat melakukan pembayaran biasanya Anda akan dipaksa untuk melakukan pembayaran dengan cara yang cukup keras,
  3. Rentenir memiliki kuasa yang penuh atas Anda dalam melakukan perjanjian.

Tidak jarang praktek dari jasa pinjaman rentenir ini menuai kontroversi di berbagai kalangan masyarakat yang tidak tutup mata terhadap hukum, ada beberapa orang yang menginginkan praktek ini ditutup dan diadili oleh pemerintah sebagaimana mestinya namun ternyata pemerintah dari Indonesia ini memang lemah dalam menindaklanjuti perkara yang mengenai hutang piutang dengan bunga yang tinggi ini karena ada sebagian masyarakat yang juga membela keberadaan dari praktek riba ini karena kembali lagi kepada kelebihan yang ditawarkan oleh pinjaman ini yang dirasa tidak ribet dan lebih cepat.
 
About - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top