Apa Perbedaan Deposito dan Tabungan?

Anda memiliki banyak modal, namun bingung untuk menjadikannya sebagai modal usaha, mengingat tak bisa dipungkiri juga bahwa setiap usaha memiliki resiko kerugian, jadi sangat jarang kemudian yang tertarik untuk terjun ke dalamnya dan lebih senang yang aman-aman saja. Jika sudah semacam ini nampaknya investasi merupakan pilihan yang paling tepat bagi anda, mengingat produk ini memungkinkan anda untuk tetap melakukan pengelolaan terhadap modal tersebut, meskipun dengan resiko yang kecil. Hanya saja bagi anda yang masih pemula dalam dunia investasi pilihlah yang kiranya paling aman dab menguntungkan seperti misalnya dengan deposito, jenis yang satu ini banyak ditawarkan oleh lembaga keuangan berupa bank.
perbedaan deposito dan tabungan

Investasi tersebut mungkin terdengar hampir sama dengan tabungan pada bank biasa, namun sebenarnya berbeda beberapa hal yang membuat nya berbeda terletak pada:

  • Suku bunga, bank memang menawarkan berbagai macam konsekuensi untuk menggunakan produknya diantaranya adalah suku bunga, untuk produk pinjaman hal tersebut tentunya merupakan kerugian, namun berbeda dengan jenis produk simpanan karena disini suku bunga justru akan diberikan kepada anda selaku nasabahnya, mereka menawarkan produk investasi dengan nilai suku bunga yang relatif lebih besar dibandingkan dengan tabungan pada umumnya yang hanya mendapatkan beberapa persen dalam jangka waktu setahun.
  • Keamanan, pernah mendengar bahwa beberapa bank mengalami kebangkrutan sehingga membuat beberapa nasabah mereka harus kehilangan uang yang disimpan di dalamnya, hal ini memang berpotensi untuk mengenai siapa saja, namun dalam investasi tingkat keamanan jauh lebih tinggi karena ada sebuah lembaga yang menjaminnya yaitu LPS atau lembaga penjamin simpanan namun dengan catatan bahwa bank yang anda pilih sudah menjadi anggotanya, jadi jika sewaktu-waktu terjadi kebangkrutan uang yang anda miliki tetap ada di dalamnya.
  • Jangka waktu, untuk masalah jangka waktu memang relatif sangat berbeda, jika tabungan memungkinkan anda untuk melakukannya kapan saja dan sampai kapanpun maka investasi yang satu ini hanya bisa dilakukan dalam jangka waktu yang telah disepakati antara pihak bank dan juga nasabah biasanya dari 3 bulan hingga 1 tahun sesuai pilihan anda.
  • Liquiditas, satu hal yang perlu anda ingat bahwa dengan berinvestasi pada instrumen ini maka ada beberapa konsekuensi yang harus ditanggung, yaitu bahwa sekali uang anda masuk maka tak akan bisa dicairkan atau di tarik kecuali dalam waktu yang sudah ditentukan, sangat berbeda dengan tabungan yang bisa anda tarik kapan saja tanda dikenai denda.
Bagaimana apakah anda tertarik untuk terjun ke dunia investasi yang menguntungkan tersebut atau lebih senang dengan mencari alternatif yang lainnya. satu hal yang perlu anda ketahui bahwa jenis investasi yang satu ini terbilang sangat mudah karena anda hanya perlu menyetorkan uang tanpa ikut serta dalam pengelolaannya, artinya hanya tinggal menerima keuntungan dalam bentuk jadi, meskipun juga tak bisa dipungkiri bahwa ada resiko di dalamnya.

Hampir setiap bank menawarkan jenis investasi tersebut, diantaranya adalah deposito mandiri, tentunya anda sudah tak asing lagi dengan nama bank tersebut. Bank mandiri menawarkan berbagai macam jenis investasi untuk anda dengan tingkat suku bunga yang berbeda, pilihlah yang kiranya paling tepat dengan resiko yang juga cukup rendah, atau mungkin anda ingin aman dengan uang yang bisa diambil kapan saja, maka gunakan sebagai tabungan, jangan bentuk investasi karena hanya bisa anda ambil dalam jangka waktu tertentu.

 
About - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top