Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Wirausaha

Kesalahan wirausaha - Mendengar kata wirausaha apa yang terpikirkan dalam benak anda, apakah sebuah pekerjaan yang dilakukan sendiri dengan keuntungan yang di dapatkan juga untuk dinikmati sendiri, atau sebuah pekerjaan yang memiliki resiko besar di dalamnya utamanya adalah resiko kerugian. Menilik dari keadaan perekonomian yang ada di Indonesia memang sangat jarang untuk menemukan orang yang tertarik dalam dunia ini yaitu bisnis, apalagi melihat dari kemampuan modal yang tidak mencukupi dan juga karena takut akan resiko kerugian yang dimiliki, hal inilah yang membuat orang enggan untuk menjadi wirausaha mandiri, padahal jika melihat dari keuntungan akan sangat berlimpah.
kesalahan wirausaha

Tak bisa dipungkiri bahwa untuk menjalankan sebuah bisnis memang tak semudah yang dibayangkan, berbagai macam hal harus dikorbankan guna mendapatkan kesuksesan, meskipun begitu pasti ada saja kesalahan wirausaha yang menyebabkan anda merugi, diantara beberapa kesalahan fatal tersebut adalah:
  1. Pelit modal, menghemat pengeluaran memang sangat diperlukan guna menghindari kerugian yang lebih besar, namun juga harus diketahui bahwa untuk mencapai kesuksesan usaha diperlukan modal dalam jumlah yang tidak sedikit dan semuanya memang harus dipenuhi, untuk itu usahakan menjalankan semuanya secara seimbang dan yang paling penting jangan pelit modal.
  2. Tidak bisa membedakan antara keuangan pribadi dan juga bisnis, biasanya untuk jenis-jenis usaha kecil menengah memang tak bisa membedakan hal yang satu ini sehingga semuanya tercampur menjadi satu, akibatnya anda tak bisa melihat perkembangan bisnis yang tengah digeluti saat ini.
  3. Melakukan semuanya sendiri, mungkin untuk beberapa jenis bisnis kecil segala sesuatu bisa anda kontrol sendiri, namun bagaimana dengan bisnis yang sudah mengalami perkembangan, maka anda membutuhkan beberapa tenaga ahli guna mengatasi hal tersebut.
  4. Usaha yang dijalankan terlalu umum, karena terlalu umum maka akan ada banyak kompetitor dalam usaha serupa anda, kesalahan paling awal tersebut menyebabkan usaha tak mengalami perkembangan sama sekali.
Hal-hal tersebut merupakan kesalahan awal yang sering kali menyebabkan wirausaha mandiri mengalami kebangkrutan karena memang usaha yang mereka jalani hanya berjalan di tempat dan tak ada peluang keuntungan sama sekali.

Artikel Lain: Tips Menjalankan Rencana Bisnis

Untuk itulah sebelum memulai menjalani bisnis sendiri utamakan untuk melakukan berbagai macam survey terlebih dulu terkait dengan:
  • Target market, apa yang saat ini menjadi hal yang paling dibutuhkan konsumen atau apa saja hal yang diinginkan oleh mereka.
  • Kompetitor, kenali saingan untuk usaha serupa yang anda jalankan apakah ada dan jika memang ada berapa jumlahnya, jika memang terlalu umum maka buatlah sebuah bisnis yang berbeda.
  • Harga pasar, meskipun dengan berwirausaha keuntungan berapapun semua adalah anda yang menentukan namun tak bisa dipungkiri bahwa konsumen senantiasa mencari sesuatu yang murah.
Melihat atau dengan melakukan survey bisa dijadikan sebagai awal menjadi wirausaha mandiri. Hindari kesalahan wirausaha yang kerap dilakukan oleh pemula.
 
About - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top