5 Sikap Finansial Buruk yang Perlu Dihindari Sejak Usia Muda

Harian UKM - Memiliki usia muda merupakan sebuah anugerah yang kita terima sebagai manusia, namun seringkali manusia tak menangkap momen ini secara baik malah menyia-nyiakannya. Banyak pemuda yang dengan entengnya menganggap karena masih banyaknya usia yang tersisa nanti maka ia bermalas-malasan dalam berkarya dan belajar.

Hal ini nantinya akan berdampak buruk pada karirnya di masa depan, yang pada akhirnya akan menyebabkan buruknya kondisi keuangan mereka. Jika sudah demikian mereka akan kesulitan dan memanfaatkan berbagai pinjaman dana dari banyak lembaga untuk menopang hidupnya. Tak mau kan memiliki hidup seperti itu, untuk itu hindari yuk kebiasaan buruk di usia muda seperti di bawah ini.

1. Tidak Mau Menabung

Di usia muda memang kita gampang merasa puas jika telah memiliki uang sendiri. Asalkan cukup untuk membayar keperluan bulanan seperti membayar sewa kos, makan sehari-hari, dan membeli kebutuhan hidup lainnya, kita terkadang lupa untuk menyisihkan sebagian uang yang dimiliki untuk keperluan menabung.

Menabung di hari ini memang tak bisa langsung dirasakan manfaatnya, melainkan nanti di masa depan saat kamu terjebak pada kondisi darurat yang mengharuskanmu untuk mencari tambahan dana segera.

2. Kebutuhan Konsumtif Jangka Pendek

Banyak anak muda yang hanya peduli akan kebutuhan jangka pendek saja. Di antaranya seperti membeli gadget terbaru agar tak ketinggalan jaman. Harus membeli sneakers yang sedang ngetren di pasaran ini. Hal ini setidaknya harus dihindari demi masa depan yang lebih cerah. Dengan menganalisa kebutuhan jangka panjangmu, maka kamu akan bisa mengatur cara agar dapat mewujudkan apa yang sebetulnya kamu butuhkan.

3. Kecanduan Kartu Kredit

Kartu kredit di satu sisi memang memiliki gengsi tersendiri saat memakainya. Namun jika digunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab maka akan menjadi masalah. Apalagi jika kamu selalu memanfaatkan fitur pembayaran minimum yang dimiliki oleh hampir semua kartu kredit. Duh, kapan mau terbebas dari kecanduan kartu kredit itu?

Jika sudah sangat mentok dan tak ada tempat lagi yang bisa dipinjam untuk melunasi kartu kreditmu, mengapa tak mencoba ke layanan pinjaman uang online yang dapat membantumu melunasi kartu kredit bahkan sebelum kamu gajian?

4. Tidak Mulai Investasi Sejak Dini

Banyak yang salah kaprah mengenai investasi. Kebanyakan orang mengira investasi hanyalah dapat dilakukan ketika kita telah memiliki penghasilan yang berlebih. Namun ternyata investasi yang dilakukan sejak dini akan dapat dituai lebih cepat ketimbang investasi yang dilakukan di nanti-nanti. Untuk melakukan investasi yang tepat, mintalah saran dari orang yang berpengalaman pada bidang investasi. Untuk sekedar belajar investasi tak ada salahnya jika kamu mulai membeli logam mulia sebagai investasi?

5. Malas Mencatat Pengeluaran

Hal terakhir yang seringkali malas dilakukan oleh anak muda adalah malasnya mencatat pengeluaran yang dikeluarkan setiap harinya. Padahal hal ini sangat penting untuk menganalisa pengeluaran yang telah dikeluarkan. Dengan mencatat pengeluaran, kamu juga akan memiliki tanggung jawab lebih untuk mengontrol apa yang telah dikeluarkan di bulan sebelumnya agar tak terulang di bulan-bulan berikutnya.
 
About - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top