Aplikasi Kartu Kredit Ditolak? Mungkin Ini Penyebabnya!

Pengajuan Kartu Kredit - Kartu kredit banyak digunakan oleh sebagian besar orang karena lebih praktis terutama ketika harus berbelanja atau transaksi dalam jumlah uang yang banyak atau dilakukan di luar negeri. Kartu tersebut merupakan salah satu produk dari perbankan. BCA merupakan satu dari sekian banyak bank yang ada di Indonesia yang menawarkan kartu kredit kepada nasabahnya. Untuk membuat kartu kredit BCA, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.
pengajuan-kartu-kredit-ditolak

Persyaratan umum agar dapat membuat kartu kredit dari Bank BCA yaitu:
  1. Berusia minimal 21 tahun hingga 65 tahun untuk Anda yang ingin membuat kartu utama.
  2. Untuk kartu tambahan, usia umur minimal adalah 17 tahun atau sudah menikah.
  3. Penghasilan minimal per bulannya adalah Rp 3 juta atau Rp 36 juta per tahunnya untuk jenis Life Style Card.
  4. Untuk jenis BCA Black Card, penghasilan minimal dari pengajuan atau pemohon pengajuan kartu kredit adalah sebesar Rp 10 juta per bulan atau Rp 120 juta per tahunnya.
Akan tetapi, walaupun persyaratan umum sudah ditentukan, kesalahan dalam pembuatan kartu kredit tetap terjadi karena kurangnya ketelitian dalam memahami ketentuan dan persyaratan. Akibatnya adalah permohonan kartu kredit tersebut ditolak. Salah satu kesalahan yang berhubungan dengan persyaratan adalah tidak memenuhi pendapatan minimal untuk pembuatan jenis kartu kredit tertentu misalnya BCA Black Card dengan pendapatan per bulan minimal adalah Rp 10 juta.

Pengisian Formulir Pengajuan

Kesalahan selanjutnya yang membuat permohonan Anda untuk mendapatkan kartu kredit ditolak adalah karena kesalahan pada formulir. Tidak jarang seseorang tanpa sadar melakukan kesalahan ketika menuliskan data diri di formulir pengajuan padahal form tersebut harus diisi dengan data diri yang lengkap dan benar. Jika tidak diisi sesuai dengan data diri yang sebenarnya, maka bank tidak akan dapat memproses permohonan tersebut. Sehingga, sebelum menyerahkan formulir tersebut, lihat kembali dengan teliti untuk menghindari kesalahan.

Pengajuan pertama atau catatan kredit buruk

Kesalahan yang lain diakibatkan karena Anda belum pernah memiliki kartu kredit sama sekali. Walaupun kecil, namun kemungkinan tersebut dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Hal tersebut dikarenakan bank tidak memiliki bukti jika Anda mampu untuk mengelola utang ataupun keuangan dengan baik. Jika bukan karena pengajuan pertama, maka catatan buruk Anda menjadi salah satu penyebab ditolaknya pengajuan kartu kredit. Catatan buruk yang dimaksud dapat berupa tunggakan Anda di bank yang masih belum terbayarkan atau karena rekam jejak yang dicatat oleh BI sebagai bank sentral di Indonesia. Sehingga, sebaiknya periksa dahulu sebelum mengajukan kredit.

Pekerjaan yang berpindah

Anda sering berpindah pekerjaan? Mungkin hal tersebut menjadi faktor permohonan kartu kredit ditolak oleh bank. Ketika bank termasuk bank BCA mengetahui jika Anda tidak dapat bertahan dalam 1 pekerjaan dalam jangka waktu lama, pengajuan BCA kartu kredit juga akan lebih sulit. Jika nasabah yang sering berpindah pekerjaan, akan dimasukkan ke dalam kategori tidak loyal dan tidak cukup pantas untuk diberi hutang. Paling tidak harus bekerja selama 6 bulan sebelum pengajuan.

Banyaknya kartu kredit

Walaupun Anda memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi syarat pembuatan kartu kredit, namun jika Anda memiliki terlalu banyak kartu kredit, hal tersebut akan menjadi salah satu faktor ditolaknya pengajuan kartu kredit. Walaupun tidak digunakan namun iuran tetap harus dilakukan dan jika terus dibiarkan akan dapat merusak catatan kredit Anda sehingga akan menyulitkan Anda nantinya ketika mengajukan kredit atau produk perbankan lain.

 
About - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top